Buku Filsafat Terbaru: Filsafat untuk Kehidupan, Mengembangkan Akal Sehat dan Nurani untuk Kehidupan

WhatsApp Image 2022-10-12 at 12.23.16

Info Buku:
ISBN: 978-979-21-7376-5
Penulis: Reza A.A. Wattimena
Penerbit: Kanisius
Terbit: 2022
Halaman: 424
Dimensi: 15.5 x 23 cm
Berat: 650 gram

Pembelian bisa langsung di toko online, Media Sosial atau Kontak Penerbit Kanisius Yogyakarta

Sudah lama, filsafat dianggap sebagai ilmu yang murni akademik. Filsafat disamakan dengan kegiatan mengutip pendapat dari orang yang sudah mati, supaya terlihat cerdas. Filsafat pun menjadi ajang mengutip nama belaka, atau konsep-konsep rumit dalam bahasa asing. Ini yang sangat saya hindari.

Biasanya, kata-kata yang dikutip diambil dari bahasa Yunani Kuno, Latin atau Jerman. Dengan menggunakan kata-kata rumit, orang terlihat cerdas di mata orang lainnya. Di masyarakat miskin pemikiran kritis, pemikir gadungan menjadi selebriti. Ini juga yang mesti disadari, dan dihindari.

Sejatinya, filsafat adalah upaya untuk mendekati kebijaksanaan. Ia lebih dari sekedar informasi ataupun ilmu pengetahuan. Filsafat bergerak dengan kesadaran sederhana, bahwa kebijaksanaan tertinggi tak akan pernah bisa diraih. Ia harus terus didekati, tanpa pernah sampai memeluk sepenuh hati.

Filsafat juga memperkaya kehidupan itu sendiri. Inilah yang kiranya menjadi tujuan utama buku ini. Temanya pun beragam, mulai soal jatuh cinta sampai korupsi politik. Dengan berpijak pada akal sehat dan nurani, filsafat pun lalu bisa memperkaya kehidupan itu sendiri.

Sebagai catatan, buku ini adalah kumpulan tulisan saya pada 2019 dan 2020. Ia sudah diterbitkan di beberapa media. Tulisan-tulisan ini dikemas dengan ringan dan santai, sekaligus mendalam. Ini yang, menurut saya, menjadi ciri unik dari buku ini.

Buku ini juga bisa dilihat sebagai kelanjutan dari karya-karya saya sebelumnya. Ia ditujukan untuk semua orang yang merindukan kedalaman di dalam hidupnya. Dengan kedalaman, akal sehat dan nurani bisa mengalir dengan sendirinya.

Selamat membaca,

Reza A.A Wattimena

Jakarta, Oktober 2021

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020), Urban Zen (2021), Revolusi Pendidikan (2022) dan berbagai karya lainnya.

2 tanggapan untuk “Buku Filsafat Terbaru: Filsafat untuk Kehidupan, Mengembangkan Akal Sehat dan Nurani untuk Kehidupan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.