Tiga Buku Filsafat Terbaru

Buku Filsafat Terbaru: Menelusuri Pragmatisme, Pengantar Pada Pemikiran Pragmatisme dari Peirce Hingga Habermas

Penulis: Anastasia Jessica Adinda S.

Dosen di Fakultas Filsafat Unika Widya Mandala Surabaya

COVER Pragmatisme_aDalam kehidupan sehari-hari kata pragmatis sudah biasa kita dengar. Kata ‘Pragmatis’ sering dikaitkan dengan kepentingan praktis, keengganan berproses, atau orientasi yang semata-mata pada pencapaian hasil. Maka menjadi pertanyaan, apakah pengertian pragmatisme memang seperti yang banyak dipahami saat ini? Memang tak dapat disangkal bahwa prakmatisme banyak mewarnai kehidupan manusia abad ini. Ilmu pengetahuan, pendidikan, politik, ekonomi, hukum, kesenian, bahkan agama tak luput dari pengaruh pragmatisme. Karena kuatnya pengaruh pragmatisme, perhatian manusia terarah pada ‘gagasan yang dapat berfungsi dalam tindakan dan dapat menyelesaikan persoalan’. Prinsip-prinsip pragmatisme ini melandasi keputusan-keputusan yang dibuat oleh individu, kelompok masyarakat, bahkan negara. Buku ini menyajikan pengertian awal tentang pragmatisme, prinsip-prinsip dasar pragmatisme, sekaligus kritik atas pemikiran pragmatisme yang mengabsolutkan konsekuensi praktis dan daya guna.

Bisa dilihat di: Penerbit Kanisius

———————————————————————

Buku Filsafat Terbaru: Building Modern Society in The Light of Hegel’s Philosophy

Penulis: Emanuel Prasetyono

Dosen di Fakultas Filsafat Unika Widya Mandala Surabaya

IMG

Buku ini menjabarkan arti penting filsafat politik Hegel, terutama konsep Bildung. Buku ini merupakan tafsiran atas buku utama Hegel tentang Filsafat Politik yang berjudul Elements of the Philosophy of Right. Ini merupakan buku pertama karya penulis Indonesia yang secara mendalam membahas Filsafat Politik Hegel.

—————————————————————————————–

Buku Filsafat Terbaru: Tema-Tema Eksistensialisme, Pengantar Menuju Eksistensialisme Dewasa Ini

Penulis: Emanuel Prasetyono

Dosen di Fakultas Filsafat Unika Widya Mandala Surabaya

IMG_0002Buku ini mengajak pembaca mengulas tema-tema dasar eksistensialisme di dalam filsafat, dan melihat pengaruh tema-tema ini di dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini adalah salah satu buku pertama karya penulis Indonesia yang secara mendalam mengulas tema-tema eksistensialisme secara lugas dan tajam.

Semua buku bisa diperoleh di Fakultas Filsafat Unika Widya Mandala Surabaya melalui email berikut: theo.dolorosa@yahoo.com

Iklan

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Pendiri Program Pengembangan Diri dan Pengembangan Organisasi "Sudut Pandang". Penceramah, Peneliti dan Penulis di bidang Filsafat Politik, Pengembangan Diri dan Organisasi, Metode Berpikir Ilmiah dan Kebijaksanaan Timur. Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Kebijaksanaan Timur dan Jalan Pembebasan (akan terbit- 2016), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), dan berbagai karya lainnya.

6 tanggapan untuk “Tiga Buku Filsafat Terbaru”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s