Buku Terbitan Terbaru: Memahami Hubungan Internasional Kontemporer

Oleh Reza A.A Wattimena dan Anak Agung Banyu Perwita

Seorang tokoh politik sekaligus mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Eleanor Roosevelt, pernah berkata. “Tidaklah cukup berbicara tentang perdamaian. Orang harus mempercayainya. Dan percaya pun tidak cukup. Orang harus bekerja mewujudkannya.” Pandangan ini kiranya sejalan dengan isi, maupun alasan ditulisnya buku ini.

Memang, perdamaian adalah sebuah proses panjang. Ia tidak terjadi di dalam satu waktu, namun bergerak di dalam lintasan perubahan sejarah. Ia juga adalah hasil dari sebuah usaha berkelanjutan. Buku ini dapat ditempatkan sebagai sebuah upaya kecil untuk terlibat di dalam usaha mewujudkan perdamaian tersebut.

Namun, seperti juga akan tampak di dalam isi buku ini, perdamaian juga tak dapat berdiri sendiri. Perdamaian akan terkait erat dengan beragam aktor, proses dan isu. Ia harus berpijak pada keadilan. Tanpa keadilan, perdamaian hanyalah harmoni semu yang rapuh. Ia akan hancur, ketika selubung harmoni semu itu terbuka oleh perubahan, maupun oleh krisis dari interaksi para aktor hubungan internasional.

Perdamaian juga mesti berpijak pada pemahaman. Ada beragam kajian untuk menciptakan perdamaian yang lestari. Beberapa tulisan di dalam buku ini akan langsung menjabarkan hal tersebut. Tanpa pemahaman yang tepat, perdamaian yang ada akan sangat rapuh di dalam hadapan perubahan ekonomi,sosial politik dan keamanan yang ada.

Di sisi lain, buku ini juga merupakan tanggapan atas keadaan, bahwa masih relatif  terbatasnya jumlah buku ajar (buku teks) Hubungan Internasional berbahasa Indonesia, dan semakin banyaknya jumlah perguruan tinggi di tanah air– baik negeri dan terutama swasta– yang menyelenggarakan baik program pendidikan Strata 1, Strata 2 dan Strata 3 Hubungan Internasional, kami selaku peneliti dan dosen program studi Hubungan Internasional tergerak untuk menyajikan buku yang membahas hubungan Internasional, baik sebagai suatu disiplin ilmu, maupun sebagai sebuah fenomena.

Disiplin ilmu  Ilmu Hubungan Internasional memang telah dan akan terus berkembang di Indonesia. Oleh karenanya, ketersediaan buku ajar yang memadai amatlah diperlukan. Berdasarkan pemikiran di atas, buku ajar ini bertujuan untuk memperbanyak khasanah buku ajar yang memadai bagi seluruh mahasiswa Hubungan Internasional  di Indonesia. Selain itu, buku ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi para tenaga pengajar, peneliti dan pemerhati Hubungan Internasional di seluruh tanah air, agar dapat menghasilkan publikasi sejenis. Harapannya, kita tidak saja menghasilkan beragam buku tentang Hubungan Internasional, namun juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Hubungan Internasional di berbagai kampus di tanah air.

Secara spesifik, buku yang  kami persembahkan kepada khalayak pembaca membahas perkembangan isu-isu terkini Hubungan Internasional sejalan dengan perkembangan yang begitu cepat dalam Hubungan Internasional. Namun mengingat begitu banyaknya isu Hubungan Internasional yang kini sedang dan akan kita hadapi, harus kami akui, bahwa tidak semua isu tersebut dapat kami bahas dalam buku ini. Kendati pun demikan, kami berkeyakinan, bahwa buku ini akan menjadi salah satu pendorong utama kebangkitan penulisan buku-buku ajar Hubungan Internasional, dan dapat meraih respon yang sangat positif dari masyarakat Indonesia, khususnya para pembelajar Hubungan Internasional di tanah air.

Buku yang kami susun ini, pada dasarnya, terdiri dari berbagai tulisan yang pernah kami terbitkan pada beberapa jurnal akademik sebelumnya yang tentunya telah kami modifikasi dan  perkaya. Pemahaman menyeluruh terhadap perkembangan terkini dalam Hubungan Internasional inilah yang kemudian menjadi inspirasi utama penulisan buku ini. Buku ini membahas berbagai pendekatan, seperti filsafat, ekonomi dan politik global, budaya dan tentunya perdamaian dan keamanan internasional. Dengan demikian, para pembaca akan disuguhkan dengan berbagai keterkaitan antara aktor, proses dan isu Hubungan Internasional kontemporer yang terpadu dan menyeluruh. Inilah kiranya yang menjadi keunikan sekaligus kelebihan dari buku ini.

Bisa dipesan di https://penerbitsalemba.com/v3/contact.php atau di toko buku terdekat 

juga dapat dibeli di https://leksikabookstore.com/product-detail/memahami-hubungan-internasional-kontemporer-reza-wattimena–anak-agung-banyu-perwita1722

 

 

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018) dan berbagai karya lainnya.

2 tanggapan untuk “Buku Terbitan Terbaru: Memahami Hubungan Internasional Kontemporer”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.