Rumah Filsafat (dari kita, untuk kita dan oleh kita): Ajakan untuk Bekerja Sama

cropped-rf-logo-done-rumah-filsafat-2-1.png

Sejak 2007, saya membangun website Rumah Filsafat. Tujuannya sederhana, supaya kebijaksanaan di dalam filsafat bisa dibaca dengan mudah oleh semua orang, tanpa kecuali. Tentu saja, saya memilih untuk menulis dalam bahasa Indonesia, karena target pembaca saya adalah masyarakat Indonesia. Bangsa kita membutuhkan pencerahan yang hanya bisa ditawarkan oleh filsafat.

Biasanya, buku-buku filsafat dibaca dengan mengerutkan dahi. Bahasanya sulit, walaupun isinya sangat mendalam. Rumah Filsafat ingin mengatasi masalah tersebut. Selama lebih dari 14 tahun, kebijaksanaan-kebijaksanaan filosofis disajikan dengan mudah, ramah dan gratis untuk semua pembaca, tanpa kecuali.

Saya telah menerima ribuan email dari para pembaca Rumah Filsafat. Kebanyakan merasa terbantu dengan tulisan-tulisan yang ada. Bahkan, beberapa berpendapat, bahwa tulisan-tulisan di Rumah Filsafat telah menyelamatkan hidup mereka. Ada beberapa yang mengritik, biasanya dari kelompok radikal agamis yang merasa tercolok oleh pemikiran kritis.

Awalnya, saya hanya menulis dari sudut pandang Filsafat Eropa. Namun, karena berbagai perubahan keadaan, pandangan saya meluas. Saya menoleh ke dalam kebijaksanaan Asia, terutama Zen, ajaran Buddha, Yoga dan Advaita Vedanta. Jangkauan pembaca Rumah Filsafat pun semakin luas.

Karena gratis untuk masyarakat luas, maka saya membayar sendiri semuanya. Ongkos sewa domain dibayar langsung dari kantong saya pribadi. Setiap tahun, jumlahnya terus meningkat. Sementara, pemasukan dari iklan semakin kecil, hampir tak ada, terutama sejak pandemi COVID 19.

Maka, saya memutuskan untuk mengubah Rumah Filsafat menjadi milik bersama. Mulai 31 Oktober 2021, Rumah Filsafat membuka kesempatan bagi para pembaca untuk ikut menyumbang uang, guna mempertahankan sekaligus mengembangkan website kecil ini. Jumlahnya bebas, semampu dan serelanya. Rumah Filsafat kini bertopang pada Crowdfunding, yakni pendanaan dari publik yang terbuka luas dengan jumlah yang sebebasnya.

Uang yang terkumpul akan digunakan untuk dua hal. Pertama, ia akan digunakan untuk menopang dan mengembangkan domain Rumah Filsafat. Kedua, ia juga akan digunakan untuk membayar para penulis yang ikut serta berkarya di Rumah Filsafat. Rumah Filsafat menjadi milik kita bersama, yakni dari kita, oleh kita dan untuk kita.

Dana bisa ditransfer ke rekening pribadi saya

Rekening BCA (Bank Central Asia) 0885100231 atas nama Reza Alexander Antonius

Jika ada pertanyaan atau konfirmasi, tolong kabari ke email reza.antonius@gmail.com, atau ke IG @rezaantonius

Anda bisa mengirim uang secara rutin, misalnya sebulan sekali. Atau, hanya ketika anda ada sumber daya, dan ada niat. Bebas. Keberadaan dan mutu Rumah Filsafat kini ada di tangan kita semua. Semoga tujuan dasar Rumah Filsafat, yakni membangun dunia yang sadar dan bernalar sehat, bisa terus diperjuangkan.

Terima kasih

Reza A.A Wattimena, Pendiri Rumah Filsafat

Jakarta, 31 Oktober 2021

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020) dan berbagai karya lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.