Buku Filsafat Terbaru: Demokrasi, Dasar Filosofis dan Tantangannya

IMG_4571Penulis: Reza A.A Wattimena

Penulis dan Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Filsafat Timur. Doktor Filsafat Politik dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München Jerman dengan disertasi berjudul Zwischen kollektivem Gedächtnis, Anerkennung und Versöhnung. Penulis lepas di berbagai media.

Penerbit: Kanisius, 2016

Demokrasi adalah sistem politik yang mesti dibangun terus-menerus.Ia membutuhkan dua hal, yakni mentalitas dan sistem tertentu. Mentalitas, berarti cara berpikir dan cara hidup demokratis. Sistem, berarti keberadaan peraturan, hukum, dan birokrasi yang menunjang demokrasi itu sendiri.

Keduanya bisa dibangun, jika suatu masyarakat memiliki tradisi demokrasi yang kuat.Tradisi ini hanya mungkin ada, jika sistem pendidikan mengembangkan cara berpikir, cara hidup, dan kebiasaan yang menunjang demokrasi.Di atas tradisi semacam inilah, mentalitas dan sistem demokrasi bisa berdiri.

IMG_4576Buku ini dapat dilihat sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan tradisi demokrasi tersebut.Buku ini mengupas dasar-dasar berpikir dari konsep demokrasi.Buku ini juga menjelaskan tentang kaitan demokrasi dengan berbagai krisis yang terjadi di masa kita sekarang ini, seperti soal perang, pengungsi, pendidikan, dan krisis peradaban pada umumnya.Dengan cara berpikir dan pemahaman yang tepat, berbagai krisis tersebut bisa dilampaui dengan cara-cara yang beradab.

Buku ini juga bisa ditempatkan sebagai pelengkap dari berbagai literatur tentang demokrasi yang telah ada di Indonesia. Kelebihan buku ini adalah, menjelaskan pemahaman tentang demokrasi dari berbagai aspek dan dari sudut pandang berbagai pemikir dunia, mulai dari Aristoteles, Immanuel Kant, sampai dengan Edmund Husserl. Saya mengacu pada karya-karya filosofis asli para pemikir tersebut yang tafsirannya terus menciptakan ide-ide baru bagi perkembangan pemahaman tentang demokrasi. Dengan ide-ide baru ini, kita bisa semakin mendekatkan tata politik demokrasi di Indonesia kepada tujuan dasarnya, yakni keadilan dan kemakmuran untuk semua.

Buku bisa dipesan di

Kantor Pusat:
Jl. Cempaka 9, Deresan
Yogyakarta 55281
INDONESIA
Telp. (0274) 588783, (0274) 565996
Fax. (0274) 563349
E-mail: office@kanisiusmedia.com

Iklan

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Dosen Hubungan Internasional, Universitas Presiden, Cikarang. Peneliti di President Center for International Studies (PRECIS). Pendiri Program Pengembangan Diri dan Pengembangan Organisasi "Sudut Pandang". Penceramah, Peneliti dan Penulis di bidang Filsafat Politik, Pengembangan Diri dan Organisasi, Metode Berpikir Ilmiah dan Kebijaksanaan Timur. Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Kebijaksanaan Timur dan Jalan Pembebasan (akan terbit- 2016), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), dan berbagai karya lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s