Filsafat Bagi Dunia yang Resah: Belajar Bersama Gautama, Nagarjuna dan Bodhidharma

WhatsApp Image 2022-05-14 at 10.33.59 PMOleh Reza A.A Wattimena

Batin yang resah adalah duri di dalam daging kehidupan. Batin mengkerut, sehingga keseharian menjadi muram. Resah tak berarti derita yang menerkam jiwa. Ia cukup adalah suara-suara fals di dalam ciutan burung di pagi hari. Ia membuat nafas menjadi tak leluasa, dan hidup lebih tak gembira.

Di tangan Siddharta Gautama, resah dan derita menjadi obyek kajian yang sangat mendalam. Ia pun menawarkan jalan untuk memadamkannya selamanya. Di tangan Nagarjuna, jalan pemadaman tersebut menjadi begitu indah dan elegan secara filosofis. Resah pun diubah secara mendasar menjadi jalan menuju Sunyata, yakni kekosongan maha luas yang menjadi inti dari segala yang ada.

Di tangan Bodhidharma, segala konsep dan rumusan padam. Hidup menjadi sempurna sebagaimana adanya dari saat ke saat. Mari kita belajar dari mereka, supaya kita bisa menjadikan resah sebagai teman setia menuju hidup yang bijaksana.

Klik utk mendaftar https://bit.ly/PlatonAcademy

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020), Urban Zen (2021), Revolusi Pendidikan (2022) dan berbagai karya lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.