Selalu Jatuh Cinta

Adam Martinakis

Oleh Reza A.A Wattimena

Ah, jatuh cinta memang berjuta rasanya. Tanya saja kepada mereka yang pernah, atau sedang, jatuh cinta. Setiap detik, hanya si dia yang muncul di kepala. Rasa rindu terus menusuk di dada, sampai waktunya tiba untuk berjumpa dengan si dia.

Di Jakarta, cinta datang tanpa diduga. Ia menyelinap masuk, ketika hati ditikam kesepian yang membara. Pasangan berganti begitu cepat, bagaikan cuaca yang tak pernah bisa tertebak. Ketika peluang untuk mendapatkan cinta menjadi begitu besar, ironisnya, kemungkinan untuk terlepas dari cinta pun juga meningkat.

Pemikir asal Slovenia, Slavoj Zizek, juga melihat sisi lain dari jatuh cinta. Baginya, peristiwa jatuh cinta adalah peristiwa kejatuhan itu sendiri. Orang seperti terlempar keluar dari hidup hariannya. Makan, tidur dan bekerja terasa tak nikmat, karena dihantui bayangan kekasih hatinya.

Jika tak diolah, jatuh cinta kerap kali hanya menjadi pengalaman sementara. Peristiwa jatuh cinta selalu berada di bawah bayang-bayang patah hati. Keduanya bagaikan dua sisi dari satu koin yang sama. Seperti diungkap oleh Gautama Buddha lebih dari 2000 tahun yang lalu, segala kenikmatan dunia, termasuk jatuh cinta, tanpa kesadaran yang tepat, akan selalu bermuara pada kekecewaan.

Ini terjadi, karena segala sesuatu berubah. Hari ini, jatuh cinta mewarnai hati. Keesokan hari, kebencian bisa menyelinap, tanpa dinanti. Apa yang ada akan selalu lenyap di kemudian hari.

Di dalam dunia yang terus berubah, bagaimana seharusnya kita mengelola cinta? Ini pertanyaan penting yang perlu dijawab. Banyak orang menderita begitu dalam, karena kegagalan cinta. Tak sedikit pula yang mengakhiri hidupnya, karena sebab yang serupa.

Dekonstruksi Cinta

Cinta lahir dari hubungan yang intensif. Di dalamnya terlibat unsur emosional maupun fisik manusia. Pada jenjang yang lebih tinggi, cinta diikat dengan komitmen untuk saling setia, dan saling mengisi hidup. Namun, lepas dari segala upaya yang dilakukan untuk bertahan, cinta pun seringkali lenyap ditelan peristiwa.

Dipahami seperti ini, apa hubungan yang paling intensif yang bisa dimiliki oleh seorang manusia? Apakah dengan kekasih hati? Apakah dengan keluarga? Satu hal yang pasti, justru dalam banyak keadaan, kekasih hati dan keluarga menjadi perusak hubungan yang telah ada. Keduanya bisa menjadi sumber derita yang tiada tara.

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat diri kita sebagaimana adanya. Setiap saat, tubuh kita selalu terhubung dengan berbagai unsur yang ada, mulai dari udara, air, sampai dengan mikro-organisme di sekitar kita. Inilah hubungan yang paling intensif terjadi terhadap manusia, karena ia tidak dapat hidup tanpa itu semua. Hubungan dengan orang lain hanya terjadi di waktu-waktu tertentu yang sifatnya terbatas.

Jatuh Cinta sebagai Cara Hidup

Jika hubungan intensif terjadi dengan berbagai elemen alami, maka bukankah ini cinta yang sesungguhnya? Kita melupakan ini, karena kita hidup tanpa kesadaran yang mencukupi. Kita sibuk dengan ide-ide di kepala kita, sampai melupakan keberadaan kita yang sebenarnya. Jika kita sadar akan hubungan yang amat intensif dengan udara, air, dan segala bentuk kehidupa yang ada di sekitar kita, kita akan selalu jatuh cinta dengan mereka semua setiap saat, walaupun kekasih hati yang berwujud manusia datang dan pergi.

Memang, yang terpenting bukanlah obyek cintanya, seperti orang lain yang datang dan pergi. Yang terpenting adalah jatuh cinta sebagai cara hidup. Artinya, kita selalu dalam keadaan jatuh cinta, walaupun tak ada kekasih hati yang dirindukan. Di dalam keadaan jatuh cinta, orang selalu ingin menari dan bernyanyi untuk merayakan kehidupan.

Ini hanya mungkin, jika kita hidup dengan kesadaran. Kita butuh udara untuk hidup. Kita butuh air untuk hidup. Bahkan, kita butuh beberapa bakteri untuk menjalankan fungsi-fungsi organ tubuh kita. Mari kita jatuh cinta kepada mereka semua setiap saatnya, dan hidup kita akan dipenuhi dengan kebahagiaan, serta terhindar dari bencana patah hati.

Melampaui Politik Identitas

Seluruh dunia saat ini sedang dirobek oleh politik identitas. Indonesia pun tak luput. Kehidupan politik ditandai dengan perpecahan kelompok, terutama kelompok agama. Politik identitas adalah politik yang didasari sikap tertutup terhadap kelompok identitas lain, serta hanya mementingkan kepentingan satu kelompok identitas semata.

Politik identitas adalah politik tertutup. Ia menciptakan perpecahan yang amat berbahaya untuk keutuhan masyarakat plural, seperti Indonesia. Dasar dari politik identitas adalah kesempitan berpikir dan rasa takut terhadap perbedaan. Pendek kata, dasar dari politik identitas adalah ketakutan pada kehidupan.

Jika didiamkan, politik identitas akan membawa konflik berkepanjangan. Negara bisa terpecah. Keluarga dan teman saling berpisah, hanya karena perbedaan identitas primordial, seperti ras, suku dan agama. Gejala ini sudah begitu tampak di Indonesia di awal 2019 ini.

Politik identitas adalah simbol dari cinta yang terbatas. Orang hanya jatuh cinta pada satu kelompok, sambil membenci kelompok-kelompok lainnya. Pandangan ini tidak hanya salah secara moral dan juga epistemologis, tetapi juga mencipta derita yang tak perlu. Sudah dari akarnya, politik identitas tidak akan pernah bertahan, karena tidak cocok dengan cara kerja semesta.

Selalu Jatuh Cinta

Di dalam diri manusia, selalu ada dorongan untuk merentang keluar. Inilah akar dari semua keinginan dan ambisi manusia. Inilah juga sebabnya, mengapa manusia tak pernah merasa puas. Jika cintanya terbatas hanya pada keluarga, agama dan bangsanya semata, ia akan terus hidup dalam perasaan tak puas.

Politik identitas pun juga yang sama. Ia menyatukan yang sama, sekaligus memisahkan yang berbeda. Bentuk politik semacam ini mesti dibongkar dengan melihat cara kerja kehidupan sebagaimana adanya. Di alam ini, tidak ada batas yang memisahkan. Semuanya saling memeluk dan jatuh cinta setiap saatnya, asal kita mau melihat dengan jeli.

“Selalu jatuh cinta” adalah jalan hidup yang paling indah. Kita melihat udara bercinta dengan tubuh kita. Kita melihat burung bercinta dengan langit. Kita melihat ikan bercinta dengan air. Hubungan mereka intensif. Mereka saling membutuhkan, dan saling hadir satu sama lain.

“Selalu jatuh cinta” sebenarnya jalan hidup yang amat mudah. Kita hanya perlu berhenti sejenak, dan melihat…

 

 

 

 

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Pendiri Rumah Filsafat. Pengembang Teori Transformasi Kesadaran dan Teori Tipologi Agama. Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020), Urban Zen (2021), Revolusi Pendidikan (2022), Filsafat untuk Kehidupan (2023), Teori Transformasi Kesadaran (2023), Teori Tipologi Agama (2023) dan berbagai karya lainnya. Rumah Filsafat kini bertopang pada Crowdfunding, yakni pendanaan dari publik yang terbuka luas dengan jumlah yang sebebasnya. Dana bisa ditransfer ke rekening pribadi saya: Rekening BCA (Bank Central Asia) 0885100231 atas nama Reza Alexander Antonius. Lebih lengkapnya lihat di https://rumahfilsafat.com/rumah-filsafat-dari-kita-untuk-kita-dan-oleh-kita-ajakan-untuk-bekerja-sama/

28 tanggapan untuk “Selalu Jatuh Cinta”

  1. sepakat sekali dgn makna karya diatas. begitu juga yg saya alami sehari2, begitu dahsyat hidup dari saat ke saat. sangat menarik karya2 diforum ini, banyak segi pandangan dan bidang tapi selalu fazit : nalar sehat, hati nurani.
    saya membaca dgn kritis, seperti nya karya2 ini parameter jalan hidup, dgn apa yg saya kerjakan. sangat menarik.
    jatuh cinta ke semesta alam, walau kita begitu marah kesesuatu/keseorang kita mampu memeluk dunia dgn penuh kasih.
    sekilas tampanya semua “membosankan/tanpa action”, tetapi utk yg menjalani nya, seperti “gunung api yg bekerja aktiv, dahsyat”
    bilang saja, karya2 di forum ini untuk saya hadiah tak terbeli.
    salam hangat !

    n.b.: di youtube “galileo” thema bento box, kindergarten, grundschule

    Suka

  2. Ide jatuh cinta dalam tulisan ini sangat relevan untuk minimal enulis satu paragraf dalam thesis saya. Apakah ada buku khusus yang dapat saya tinjau untuk ide ini, Pak? Terima kasih sebelumnya.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Waw, sy sngat terkesan dg kalimat2 ini:

    “Jika kita sadar akan hubungan yang amat intensif dengan udara, air, dan segala bentuk kehidupa yang ada di sekitar kita, kita akan selalu jatuh cinta dengan mereka semua setiap saat, walaupun kekasih hati yang berwujud manusia datang dan pergi.”

    “Yang terpenting adalah jatuh cinta sebagai cara hidup. Artinya, kita selalu dalam keadaan jatuh cinta, walaupun tak ada kekasih hati yang dirindukan. Di dalam keadaan jatuh cinta, orang selalu ingin menari dan bernyanyi untuk merayakan kehidupan.”

    Bnar2 filosofis ya… mantap. Rumah Filsafat!!!

    Disukai oleh 1 orang

  4. wuihh sangar tulisannya kak. singkat tapi padat sampai-sampai saya jatuh cinta sama tulisan ini hehehe. pasti Kak Reza sekarang lagi jatuh cinta ya makanya lahir tulisan ini? peace kak 😀

    Disukai oleh 1 orang

  5. Pak Reza. Artikel anda memang selalu menginspirasi. Artikel “Selalu Jatuh Cinta” ini justru pukulan buat saya, bahkan buat negeri kita ini yg sedang dilanda “ketersinggungan agama”. Alangkah indahnya jika pelaku/pemeluk agama selalu jatuh cinta pada agamannya sehingga ia bisa belajar menghormati agama lain, bukan jatuh cinta pada agama lain. Sebab jika jatuh cinta pada agama lain, ia tidak lagi menghormati tapi ia sedang selingkuh agama.

    Disukai oleh 1 orang

  6. Yah sy sangat setuju dengan isi artikel ini…. bhaya di Indonesia membg adalh ktika org mngidentifkasi dirinya dgn unsur primordialnya… ini eksklusivts yg berbhaya

    Suka

  7. Artikel yang inspiratif..

    Jadi marilah kita saling mencintai dan jangan ada lagi rasisme…
    Cintailah agama, cintalah buduya, dan cintailah perbedaan.. sebab perbedaan sejatinya bukan untuk dipisahkan tetapi untuk disatukan…

    Salamm…

    Suka

  8. Saya tertawa membaca soal “jatuh cinta” –sudah pasti ditujukan pd hubungan pria-wanita.
    Dahulu sy pikir sy jatuh cinta, sampai sy bunuh diri (msh remaja) karena cinta. Stlh itu, sy pnya pengalaman, sy “jatuh cinta” lagi dgn org lain, sy jadi merenungin, inikah jatuh cinta? Semudah itu berubah? Kmrn jatuh cinta sy, rasanya “sedih, sakit hati, tidak bisa hidup tanpa kamu” Sy terus menganalisa diri sy sendiri sampai sy paham. Yg disebut jatuh cinta (tdk bisa hidup tanpa kamu, sakit hati karena cinta dsbagainya) semua itu omong kosong.
    Sperti kata bapak, itu hanha delusi. Karena kita tidak paham, yg kita pahami hanya “kata org”. Kita pun menerima bgitu saja, shingga kita terpengaruh pemahaman cinta org lain dr lagu, cerita dll yg Bullshit.
    Seandainya saja semua org bisa paham sebetulnya “cinta”, takkan ada bunuh diri, sakit hati, kecewa dll.. pola pikirnya yg diubah. Ketika terjadi kekecewaan, ya terima saja, sudah mmg hrs begitu. Jika semakin dipikir dan diiyakan, maka terjadilah apa yg kamu pikirkan.
    Cinta didunia, tentu saja ada, cinta (jatuh cinta) apa yg dipahami umumnya orang itu salah besar. Lagu2 novel dll semuanya itu omong kosong, jika dibaca dan diyakini, maka itu yg terjadi.
    Jika ingin memahami cinta sebenarnya, dialami, direnungkan…
    Banyak yg blg sy trauma?
    Nonsense, sy msh bisa kok “jatuh cinta” … Putus ya sedih, sama sperti kmu kehilangan anjingmu, sama sedihnya juga.. disadari & dinikmati perasaan yg datang, tidak ada perasaan yg abadi. Yg abadi adalah mencintaimu dirimu sendiri(pemahaman mencintai diri sendiri jg bnyk yg mengarah keegoisan, tpi yg sy maksud bukan itu, jika ada kesempatan topik,sy tinggalkan jejak lagi)
    Dan tidak ada yg “aku tak bisa hidup tanpamu”.. kata2 semacam itu menyebar dan meracuni pikiran, diterima, diyakini dan dilakukanlah.
    Iya betul, kita harus mengajari manusia soal cinta, tapi jangan diajari cinta omong kosong yg jadi racun.
    Diajari cinta penuh kasih pd semua org, tentu ada yg spesial dlm kondisi tertentu…

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.