Mushotoku: Bertindak Tanpa Menginginkan

John Moore

Oleh Reza A.A Wattimena

Salah satu ciri utama Zen adalah Mushotoku. Ini adalah keadaan batin yang tidak mencari apapun. Orang lalu hidup tidak melekat pada keinginan ataupun benda-benda luar, dan tidak lagi sibuk mencari keuntungan untuk dirinya sendiri. Ketika titik ini dicapai, kebebasan dan kebahagiaan muncul secara alami.

Kita hidup di dunia yang penuh dengan kepentingan. Jarang ditemukan ketulusan total di dalam hubungan antar manusia. Orang membantu orang lain, karena ada maunya. Kepentingan itu bisa sangat duniawi, seperti mencari balas jasa, atau sangat surgawi, yakni supaya mendapat pahala, atau masuk surga.

Cara berpikir semacam ini sama seperti berdagang. Walaupun terlihat spiritual, motivasi dasarnya tetaplah sebuah keuntungan, baik langsung ataupun tidak. Ada ego yang terselip disini. Selama ego masih muncul, kelekatan batin akan datang, dan penderitaan pun tak terhindarkan.

Mushotoku adalah sikap hidup yang asli dan alami. Ia melampaui ego dengan segala kepentingan dan kecemasan yang ia punya. Mushotoku juga menyadari kesatuan dari segala sesuatu di alam semesta. Jika orang hidup dengan prinsip ini, ia akan tetap merasa damai dan bahagia, walaupun ia rugi, jika dilihat dari kaca mata dunia sosial.

Dasar pertama dari Mushotoku adalah bertindak tanpa menginginkan hasil yang pasti. Ini juga mencakup memberi tanpa mengharapkan kembali. Mushotoku adalah ketulusan yang alamiah. Ia sepenuhnya bebas dari pamrih.

Ini juga merupakan sikap yang penting di dalam hidup beragama, baik dalam bentuk ritual, ajaran maupun spiritualitas (meditasi). Semuanya perlu dilakukan, tanpa mengharapkan keuntungan apapun. Tidak ada nama baik, uang ataupun surga yang dinantikan. Juga tidak ada kekuatan batin apapun yang perlu diharapkan.

Di dalam Zen, semua tindakan adalah tujuan pada dirinya sendiri. Tidak ada obyek dan tidak ada subyek. Yang ada hanyalah kesatuan utuh dari segala sesuatu di dalam setiap tindakan, dari saat ke saat. Sikap batin semacam ini lalu diterapkan di dalam bela diri dan berbagai bentuk seni, sebagaimana yang berkembang di Asia Timur.

Bagaimana dengan hidup sehari-hari? Bukankah di dalam bekerja dan berdagang, kita harus memperoleh keuntungan? Tidak ada masalah. Lakukan apa yang perlu dilakukan dengan setiap pada prosesnya, tanpa melekat pada hasilnya.

Ketika berbisnis, orang perlu berbisnis sepenuh hati. Ia perlu memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada klien-kliennya. Semua proses ditekuni dengan sepenuh hati dan ketulusan sempurna, tanpa obsesi berlebihan pada hasilnya. Keuntungan tidak dilihat sebagai tujuan utama disini, melainkan sebagai dampak alami dari tindakan yang sepenuhnya utuh di dalam proses dari saat ke saat.

Pada tingkat awal, Mushotoku adalah sikap batin yang melepaskan segala kelekatan terhadap kepentingan diri. Pada tingkat tertinggi, Mushotoku adalah melepaskan “diri” itu sendiri. Inilah pencapaian tertinggi, tidak hanya di dalam ajaran Zen, tetapi juga di dalam filsafat Asia. Sejatinya, “diri” itu memang tidak pernah ada. Ia hanyalah ilusi yang lahir dari kebiasaan semata.

Setiap tindakan adalah tujuan pada dirinya sendiri. Setiap saat adalah tujuan pada dirinya sendiri. Saat demi saat, semua hal dilakukan dengan ketulusan, termasuk ketika bekerja, berbisnis, meditasi, berdoa atau sekedar duduk bersama kerabat tercinta. Ketika penderitaan datang, ia tidak ditolak, melainkan dialami sepenuhnya dari saat ke saat. Itu pun hanya sementara.

Inilah jalan Zen,… jalan pembebasan.

 

 

 

 

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Pendiri Rumah Filsafat. Pengembang Teori Transformasi Kesadaran dan Teori Tipologi Agama. Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020), Urban Zen (2021), Revolusi Pendidikan (2022), Filsafat untuk Kehidupan (2023), Teori Transformasi Kesadaran (2023), Teori Tipologi Agama (2023) dan berbagai karya lainnya. Rumah Filsafat kini bertopang pada Crowdfunding, yakni pendanaan dari publik yang terbuka luas dengan jumlah yang sebebasnya. Dana bisa ditransfer ke rekening pribadi saya: Rekening BCA (Bank Central Asia) 0885100231 atas nama Reza Alexander Antonius. Lebih lengkapnya lihat di https://rumahfilsafat.com/rumah-filsafat-dari-kita-untuk-kita-dan-oleh-kita-ajakan-untuk-bekerja-sama/

6 tanggapan untuk “Mushotoku: Bertindak Tanpa Menginginkan”

  1. jitu !! kalau sudah dicoba dan di jalan i cara hidup spt tertulis diatas, benar2 terasa, apa yg dimaksud. membuat kita “kecanduan” !!
    siapa yg mencari dan berusaha, bakal menemukan.
    tetapi berapa banyak yg mencari jalan sesat ??
    selamat berkarya !!
    banya salam !!

    Suka

  2. Sayangnya Ego sudah merajela, Tiada orang yang sanggup membantu dengan ikhlas.Semuanya dilandasi motif masing-masing, ada yang mencari uang, ada pula yang mencari surga.Apakah kapitalisme dan materialisme adalah penyebabnya?

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.