Toleransi dan Revolusi

Hilltown Families
Hilltown Families

Oleh Reza A.A Wattimena

Dosen Hubungan Internasional, Universitas Presiden, Cikarang

Sepanjang sejarah manusia, kita melihat ribuan konflik, akibat perbedaan latar belakang sosial. Keanekaragaman, yang sejatinya bisa menjadi daya dorong kemajuan peradaban, justru dipelintir untuk memecah belah, sehingga menciptakan konflik berdarah, semata demi memenuhi kepentingan politik yang bejat.

Di abad 21 ini, kita pun kembali ke jatuh ke lubang yang sama. Di beragam tempat di dunia, kita bisa menyaksikan, bagaimana perbedaan memicu konflik berkepanjangan yang memakan banyak korban.

Jelas, dunia membutuhkan perubahan mendasar dan menyeluruh terkait hal ini. Kita membutuhkan revolusi atas intoleransi yang menyebar dalam bentuk kebencian, rasisme dan diskriminasi dalam berbagai bentuk.

Tingkat-tingkat Toleransi

Untuk itu, kita perlu memahami secara mendalam makna toleransi sesungguhnya. Pemikiran Rainer Forst, di dalam bukunya yang berjudul Toleranz im Konflikt: Geschichte, Gehalt und Gegenwart eines umstrittenen Begriffs, bisa membantu kita dalam hal ini.

Forst merumuskan empat tingkatan toleransi. Setiap tingkat berpijak pada tingkatan yang lain.

Tingkat pertama adalah “sekedar membiarkan ada” (Erlaubnis). Di tingkat ini, kelompok mayoritas sekedar membiarkan ada kelompok minoritas, dengan segala budaya dan cara hidupnya, tanpa pemahaman sama sekali.

Di tingkat ini, hubungan kekuasaan yang tidak adil masih amat terasa. Tingkat kedua adalah “berada bersama” (Koexistenz), dimana ada hubungan yang setara dan beradab antara kelompok-kelompok yang berbeda budaya dan cara hidup.

Tingkat ketiga adalah hubungan yang berpijak pada rasa hormat (Achtung). Di tingkat ini, berbagai kelompok yang berbeda melihat satu sama lain sebagai setara (Gleichheit) dalam hal moral dan budaya.

Tingkat tertinggi adalah tingkat pengakuan (Anerkennung) dan penghargaan terhadap keanekaragaman kehidupan itu sendiri. Ini juga termasuk pengakuan dan penghargaan pada perbedaan budaya dan cara pandang di dalam bidang agama, politik dan ekonomi.

Prinsip-prinsip Toleransi

Rheinhold Weber, di dalam bukunya yang berjudul Toleranz lernen: zur Auseinandersetzung mit Toleranz und Intoleranz, merumuskan enam prinsip toleransi. Prinsip pertama adalah prinsip tanpa kekerasan.

Prinsip kedua adalah pengakuan dan penghormatan terhadap segala perbedaan di dalam hidup sosial. Yang ketiga adalah keadilan di dalam hubungan dengan orang lain, terutama yang memiliki latar belakang berbeda.

Prinsip keempat adalah kemampuan untuk mempertanyakan posisi pribadi di hadapan berbagai peristiwa dunia. Ini juga berarti kerendahan hati, bahwa orang tidak bisa sampai pada kebenaran seutuhnya, sehingga ia bersedia untuk terus mempertanyakan dirinya sendiri, dan berdialog dengan orang lain.

Prinsip kelima adalah kemampuan dan kemauan untuk memperlakukan orang lain, sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain. Prinsip ini juga tertanam di berbagai ajaran agama maupun budaya berbagai bangsa.

Prinsip terakhir adalah komitmen untuk menyelesaikan semua konflik akibat perbedaan dengan cara-cara yang damai, kreatif dan beradab. Konflik yang diselesaikan dengan kekerasan dan dendam akan melahirkan konflik lainnya yang lebih parah.

Revolusi atas Intoleransi

Toleransi adalah kunci untuk kehidupan yang damai di dalam masyarakat multikultur dan demokratis, seperti Indonesia. Tanpa toleransi, kehidupan bersama akan selalu diwarnai dengan tegangan dan konflik terus menerus.

Keadaan penuh intoleransi, sebagaimana yang kita hadapi sekarang, jelas harus segera mengalami revolusi, yakni perubahan yang cepat, menyeluruh dan mendasar. Revolusi ini harus terjadi di berbagai tingkatan, mulai dari sudut pandang pribadi, dan kemudian menyebar di kehidupan sosial politik.

Revolusi atas intoleransi haruslah menjadi agenda utama langkah politik kita, baik di dalam maupun di luar negeri. Jika ini tidak terjadi, maka kehidupan bersama akan jatuh kepada kekacauan.

Ketika politik kacau, maka peluang untuk lahirnya pemerintahan otoriter yang kejam akan semakin besar. Indonesia memiliki trauma sejarah dengan itu semua. Jangan sampai terulang lagi.

 

 

 

Diterbitkan oleh

Reza A.A Wattimena

Pendiri Rumah Filsafat. Pengembang Teori Transformasi Kesadaran dan Teori Tipologi Agama. Peneliti di bidang Filsafat Politik, Filsafat Ilmu dan Kebijaksanaan Timur. Alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta, Doktor Filsafat dari Hochschule für Philosophie München, Philosophische Fakultät SJ München, Jerman. Beberapa karyanya: Menjadi Pemimpin Sejati (2012), Filsafat Anti Korupsi (2012), Tentang Manusia (2016), Filsafat dan Sains (2008), Zen dan Jalan Pembebasan (2017-2018), Melampaui Negara Hukum Klasik (2007), Demokrasi: Dasar dan Tantangannya (2016), Bahagia, Kenapa Tidak? (2015), Cosmopolitanism in International Relations (2018), Protopia Philosophia (2019), Memahami Hubungan Internasional Kontemporer (20019), Mendidik Manusia (2020), Untuk Semua yang Beragama (2020), Terjatuh Lalu Terbang (2020), Urban Zen (2021), Revolusi Pendidikan (2022), Filsafat untuk Kehidupan (2023), Teori Transformasi Kesadaran (2023), Teori Tipologi Agama (2023) dan berbagai karya lainnya. Rumah Filsafat kini bertopang pada Crowdfunding, yakni pendanaan dari publik yang terbuka luas dengan jumlah yang sebebasnya. Dana bisa ditransfer ke rekening pribadi saya: Rekening BCA (Bank Central Asia) 0885100231 atas nama Reza Alexander Antonius. Lebih lengkapnya lihat di https://rumahfilsafat.com/rumah-filsafat-dari-kita-untuk-kita-dan-oleh-kita-ajakan-untuk-bekerja-sama/

12 tanggapan untuk “Toleransi dan Revolusi”

  1. Harus saya akui bahwa saya kagum melihat konsistensi Pak Reza membuat tulisan-tulisan yang berkualitas. Saya kaget melihat notifikasi mengenai tulisan Pak Reza yang sering masuk ke email saya. Bagaimana caranya supaya produktif seperti ini, di tengah tugas lain yang padat Pak?

    Suka

  2. Damai sendiri merupakan konsep yg utopis. Konflik selalu ada, terlepas sifatnya negatif atau positif ini tergantung bagaimana menghadapinya. Saya setuju dgn pendapat bapak yg mengusahakan toleransi ut itu kita perlu mengkoreksi toleransi kita berada pd tingkatan apa spt yg tertulis di atas. Toleransi hny akan muncul apabila ada perubahan pola pikir, kedewasaan dan kebijksanaan bertindak dan ini hny bs diciptakan melalui ruang2 dialog.

    Suka

  3. Pak Reza, benarkah teori yg mengatakan bahwa sejarah itu suka terulang, kalau tidak mungkin peradaban sudah maju tidak seperti saat ini yg kita lihat di ruang publik sepertiny zaman jahiliah masih hidup kembali kekerasan, arogansi, intoleran. Mohon tanggapannya pak, salam kenal.

    Suka

  4. sejarah memang cenderung mengulang dirinya sendiri, namun dengan tokoh2 yang berbeda. Selamat kita tidak belajar dari kesalahan masa lalu, dan berdamai dengan masa lalu kita, maka kita cenderung akan jatuh pada kesalahan yang sama…

    Suka

  5. Apa dampak yang paling krusial dari intoleran terhadap pemilu? Apakah akan terkonsep mayoritas dan minoritas?
    Salam bung.

    Suka

  6. salah satunya itu. Pemilu mengandaikan warga yang cukup cerdas dan kritis. Kemiskinan membuat kedua hal itu menjadi sulit. Yang bermain kemudian politik primordial dan politik uang.

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.